Jumat, Mei 31, 2013

Cara Instan Astra Otoparts Mendapat Konsumen but Wait !!

           Media Sosial dewasa ini memang menjadi salah satu trik bagi para Brand untuk mendekatkan diri pada para konsumennya. Mereka sebisa mungkin berbaur dengan masyarakat luas melalui media sosial sebagai salah satu sarana promosi produk yang “dijualnya”. Media – media sosial tersebut seperti Facebook dan Twitter yang memang sekarang sedang gencar digandrungi anak muda.
           Kuis juga merupakan salah satu cara promosi guna pemasaran yang lebih luas. Kuis – kuis ini biasanya digelar oleh brand – brand yang ingin menambah angka kesuksesannya dan ingin lebih dikenal oleh publik. Hadiah kuis – kuis ini pun beraneka ragam, mulai dari yang kecil hingga hadiah paket jalan – jalan gratis ke luar negeri.
           Nah kali ini saya akan membahas mengenai kuis yang sangat – sangat fatal untuk sebuah brand. Tanpa mengurangi rasa hormat saya, saya bersikap terang - terangan disini. Bukan bermaksud untuk menjatuhkan nama brand ataupun hal – hal yang bisa terjadi lainnya.
           Salah satu akun twitter  jasa penyedia sparepart  milik PT Astra Otoparts Tbk, @AspiraAstra mengadakan Kuis bertema #ASPIRAtion pada 27 April 2013 dengan Hadiah Utama sebuah BBZ10, 2 buah Blackberry 8250, serta hadiah hiburan : 20 Kaos “I Love ASPIRA” dengan berbagai persyaratan yang dapat dilihat disini.



            Inti dari kuis ini adalah menjawab pertanyaan berdasar tayangan OVJ yang mereka sponsori yang tayang pada 27 April 2013 pukul 20.00 WIB.
            Kenapa saya bilang fatal ?  iya karena tim dari Aspira sendiri sangat salah dalam menentukan pemenang. Pemilik akun twitter @putriselly99 (Selly Amalia) tiba – tiba dinobatkan sebagai Pemenang Utama yang mendapatkan BBZ10 (daftar pemenang bisa dilihat disini). Di tata cara mengikuti kuis peserta WAJIB untuk memfollow akun twitter @AspiraAstra, dan menjawab soal yang diajukan menggunakan hastagh #ASPIRAtion, sedangkan Selly dengan gamblang mengakui dirinya tidak mengikuti kuis yang diselenggarakan oleh @AspiraAstra bahkan tidak memfollow akun Aspira.

Berikut adalah salah satu tweets yang diposting oleh Selly



Lalu bagaimana bisa Selly dinobatkan sebagai pemenang?

Apa salah satu tweet ini menjadi salah satu alasannya??



Berbagai macam rasa kekecewaan para peserta kuispun tumpah ruah pada tanggal 27  Mei lalu.

Seperti yang diungkapkan oleh Muhammad Rifki berikut:


Kami mengira ini hanya sebuah kesalahan manusia wajar pada umumnya. Setelah ditunggu sampai artikel ini saya tulis ternyata tidak ada tanggapan resmi berupa revisi yang menyatakan penggantian pemenang. Jelas kuis-kuis seperti ini memberi dampak buruk terhadap brand itu sendiri. Dan saya berharap tidak ada lagi kuis – kuis yang hanya sekedar “membodohi” para pengguna sosial media.

Saya meminta maaf bila ada kesalahan kata-kata, ucapan dan tindakan serta meminta kelapangan dada bagi para pembaca yang merasa tersinggung J

0 comments:

Posting Komentar